Latest News

Thursday, January 21, 2016

Sulit Dipercaya, Populasi Jakarta Setara dengan 2,5X Populasi Papua

Padatnya Jakarta http://infindonesia.blogspot.co.id/2016/01/sulit-dipercaya-populasi-jakarta-setara.html

Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan negara yang sangat padat. Indonesia adalah negara terpadat ke-4 di dunia, setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat. Penduduk di Indonesia sendiri terpusat pada pulau Jawa terutama di kota Jakarta. Sebenarnya seberapa padat Jakarta itu?

Sebenarnya kepadatan Jakarta sudah tidak perlu diragukan lagi, karena Jakarta adalah salah satu kota terpadat di dunia. Jakarta memiliki luas 740 km persegi dengan jumlah penduduk 9.988.329 jiwa (2003), yang berarti kepadatan Jakarta adalah 15.052,84 jiwa/km persegi.

  Akibat dari padatnya penduduk di Jakarta menyebabkan tingginya angka pengangguran, kemacetan semakin parah, meningkatnya kriminalitas, berkurangnya lahan terbuka, dan beberapa hal negatif lainnya.

Selepas dari hal itu, percayakah anda kalau populasi Jakarta setara dengan 2,5 x populasi Papua (Provinsi Papua ditambah Papua Barat)?

Sulit dipercaya bukan mengingat luas Jakarta hanya sekitar 0,17% dari luas Papua


Luas Provinsi Papua (319.036 km persegi) ditambah luas Provinsi Papua Barat (115.363 km persegi) adalah 434.399 km persegi atau sekitar seperempat dari luas Indonesia (darat) sedangkan luas Jakarta hanya 740 km persegi. 

Kalau dihitung-hitung perbandingan Jakarta dengan Papua   adalah sekitar 1 : 587, namun anehnya populasi penduduk di Jakarta setara jauh lebih besar dibanding populasi penduduk di Papua.

Jika dijumlahkan populasi penduduk di Provinsi Papua dan Papua Barat adalah 3.591.803, sedangkan populasi Jakarta 9.988.329.

Sehingga dapat disimpulkan kalau jumlah penduduk DKI Jakarta hampir sama dengan 2,5 kali jumlah penduduk Papua.

Kepadatan Jakarta juga meningkat pesat setiap tahunnya, sehingga tidak menutup kemungkinan kalau beberapa tahun kemudian perbedaan jumlah penduduk Jakarta dan Papua semakin jauh.

Keadaan jalanan Jakarta juga sangat berbeda dengan jalanan Papua yang lengang,

Jumlah kendaraan bermotor di Jakarta naik sekitar 12% setiap tahunnya, sedangkan pertumbuhan jalannya hanya meningkat 0,01%. Berdasarkan STNK yang dikeluarkan oleh Samsat Polda Metro Jaya setiap harinya, jumlah kendaraan bermotor di Jakarta dan sekitarnya bertambah sekitar 5.500 sampai 6.000 unit kendaraan setiap harinya. 

Setiap harinya jumlah motor bertambah sekitar 4.000 sampai 4.500 unit, sedangkan mobil bertambah 1.600 unit per harinya, di Jakarta.

Satu lagi fakta menarik soal kepadatan Jakarta

Kalau seluruh penduduk di Indonesia dikumpulkan di satu tempat sehingga tempat itu sepadat Jakarta, maka tempat tersebut akan lebih kecil dari Provinsi Bengkulu
Provinsi Bengkulu, kepadatan jakarta http://infindonesia.blogspot.co.id/2016/01/sulit-dipercaya-populasi-jakarta-setara.html
Provinsi Bengkulu

Tidak Percaya? Ini penjelasannya...

Jumlah penduduk di Indonesia adalah sekitar 249,9 juta penduduk (suvei 2013) dan kepadatan penduduk di Jakarta adalah 15.052,84 jiwa/km persegi 

Berarti apabila seluruh penduduk Indonesia 

dikumpulkan di suatu wilayah dan dipadatkan sepadat Jakarta, maka luas tempat tersebut hanya sekitar 16.601,5 km persegi.

Sedangkan luas provinsi Bengkulu adalah 19.919 km persegi.

2 fakta di atas membuktikan kalau kepadatan Jakarta sudah sangat parah, namun tentunya kita berharap agar  pemerintah dapat mengatasi masalah kepadatan penduduk ini dan semoga pemerintah kita dapat melakukan pemerataan penduduk di Indonesia.



Tertarik dengan artikel di atas? Tolong bantu share ya... 

No comments:

Post a Comment