Latest News

Friday, October 6, 2017

Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan

Apa Itu Wisata ?


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian wisata adalah bepergian secara bersama-sama dengan tujuan untuk bersenang-senang, menambah pengetahuan, dan lain-lain. Selain itu juga dapat diartikan sebagai bertamasya atau piknik.


Terus Bagaimana Dengan Arti Pariwisata ?


Menurut Wikipedia, pengertian pariwisata adalah suatu kegiatan perjalanan yang dilakukan dengan tujuan liburan atau rekreasi.

Menurut Undang-Undang, pariwisata adalah segala macam kegiatan wisata yang dilayani oleh pemerintah, masyarakat, atau pengusaha beserta dengan fasilitasnya.


Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan Lengkap


Bila anda saat ini berada di Kotabaru Kalimantan Selatan untuk pertama kalinya sempatkan waktu luang anda untuk berwisata sejenak di wilayah Kotabaru, siapa tahu bisa meninggalkan kenangan yang tak terlupakan untuk anda dan keluarga kala mengunjungi Kotabaru.

Terdapat banyak objek wisata di Kotabaru ini yang sebagian besar berupa objek wisata alam seperti pantai, dan perbukitan yang memiliki panorama indah di setiap tempatnya. Banyaknya objek wisata berupa pantai tersebut tidak lepas dari lokasi Kotabaru sendiri yang dikelilingi lautan karena Kotabaru berada di Pulau Laut terlepas dari daratan pulau Kalimantan. Selain itu di sekitar Pulau Laut juga terdapat beberapa pulau kecil lainnya seperti pulau Sembilan yang terletak di Selatan Pulau Laut dan Pulau Sebuku yang terletak di Timur Pulau Laut dengan keindahannya masing-masing.

Tak panjang lebar, berikut beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Kotabaru yang bisa anda kunjungi bersama keluarga maupun teman dan sahabat anda.

1. Hutan Wisata Meranti


Hutan Wisata Meranti berada di desa Sebelimbingan Kotabaru, perlu waktu 20 menit untuk menuju ke lokasi ini dari pusat kota. Namun setelah tiba di pintu gerbang hutan wisata Meranti anda diwajibkan berjalan kaki selama 20 menit lagi untuk menuju ke areal tersebut karena kondisi jalannya masih berupa jalan setapak.

Hutan Wisata Meranti merupakan kawasan ekowisata, disini banyak terdapat tanaman meranti yang dibudidayakan. Awalnya tanaman meranti tersebut dikelola dan dikembangkan oleh PT. Inhutani II Kalimantan Selatan sebelum akhirnya diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Kotabaru.

Hutan ini cukup luas, dan kedepannya selain dijadikan tempat untuk penelititan, hutan wisata meranti ini akan dijadikan sebagai tempat konservasi hewan rusa, burung, dan lain sebagainya.


2. Bukit Mamake


Ingin melihat keindahan alam Kotabaru dari ketinggian ? Datanglah ke bukit Mamake. Bukit Mamake tidak jauh dari pusat Kotabaru. Bukit Mamake ini terletak di desa Sigam Kotabaru, kurang lebih bisa di tempuh dalam waktu 15 menit dari pusat kota. Namun anda diharuskan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki mendaki bukit Mamake tersebut dengan waktu tempuh 30 menit.

Semua kelelahan saat mendaki bukit Mamake akan terbayar dengan keindahan alam yang disajikan di bukit Mamake.

Anda yang gemar olah raga paralayang, bukit Mamake adalah pilihan tepat untuk mereka yang memiliki hobby paralayang.


3. Pulau Pemalikan


Masih di Kecamatan Pulau Sembilan, ada lagi satu pulau yang wajib kamu kunjungi, Pulau Pemalikan. Sebuah pulau yang juga tak berpenghuni dengan keindahan pantai dan bawah lautnya serta penyu-penyu yang ada di pulau ini. Dengan jarak tempuh � 48,6 km dari Pulau Marabatuan, ibu kota Kecamatan Pulau Sembilan, kamu akan tiba di pulau dengan segala keindahannya ini.


4. Pulau Tanjung Kunyit


Tidak jauh dari Teluk Tamiang, terdapat pulau keren yang sayang sekali bila tidak kamu kunjungi: Pulau Tanjung Kunyit. Di pulau ini terdapat mercusuar yang bila kamu menaikinya pemandangan indah akan terhampar di depan matamu. Sementara itu, terumbu karang di sekitar pulau ini juga sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Dari Pantai Teluk Tamiang, kamu bisa menggunakan kapal nelayan untuk menyeberang ke pulau ini.


5. Pulau Samber Gelap


Pulau ini beberapa tahun terakhir menjadi buah bibir di kalangan pecinta traveling. Pantainya yang menawan serta keindahan bawah lautnya menjadi daya tarik utama pulau ini. Selain itu, pulau ini juga merupakan "sarang" para penyu. Untuk sampai ke pulau ini, ada beberapa alternatif. Salah satunya menggunakan speed boat dari Pelabuhan Panjang, Kotabaru. Kurang lebih dua jam perjalanan laut, kecantikan pulau ini akan berada di depan anda.


6. Pulau Denauan


Pulau Denauan adalah salah satu pulau yang terdapat di Kecamatan Pulau Sembilan. Pulau tak berpenghuni ini menawarkan pantai pasir putih yang sangat indah serta kesempatan menyaksikan langsung kawanan penyu bertelur.


7. Pulau Birah-Birahan


Dengan pasir putih dan airnya yang sangat bening, pulau ini memiliki banyak sekali spot-spot menarik yang bisa kamu eksplore sepuasnya. Pantai, tebing batu, bawah laut, penyu, matahari tenggelam, adalah hal-hal indah yang akan kamu nikmati di pulau ini. Adapun alternatif menuju pulau ini salah satunya adalah menggunakan kapal nelayan dari Lontar atau dari Teluk Tamiang dengan lama tempuh sekitar 2 hingga 3 jam.


8. Goa Temuluang


Bosan dengan pantai dan laut, Kotabaru juga memiliki goa yang eksotis, Goa Temuluang namanya. Selain suasananya yang eksotis dengan air di dasarnya, goa ini ternyata juga mempunyai banyak cerita dan sejarah. Namun yang paling membuat goa ini terkenal adalah banyaknya sarang walet berkualitas tinggi di dalamnya. Goa ini berada di wilayah Kecamatan Kelumpang Hulu. Selama perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan gunung-gunung batu kapur yang menjulang indah.


9. Pantai Teluk Tamiang


Yang paling terkenal dari Teluk Tamiang adalah eksotisme terumbu karangnya. Berbagai jenis terumbu karang dengan ukuran super besar bukan barang langka di sini. Inilah surganya pecinta wisata bawah laut. Selain itu, pantainya pun juga tidak kalah menawan. Dari ibukota kabupaten, Kotabaru, kamu bisa menuju pantai nan cantik ini hanya dengan menggunakan transportasi darat. Atau kalau kamu ingin menggunakan angkutan umum, kamu bisa naik angkutan antar kecamatan dengan tujuan Lontar.


10. Pulau Cinta


untuk menuju kesini, kalian harus ke tanjung lalak terlebih dahulu. banyak angkutan desa menuju tanjung lalak ini dari terminal pasar kotabaru... sesampai di tanjung lalak, kalian bisa carter kapal untuk menuju kesini.


11. Air Terjun Seratak


Air terjun Seratak cukup mudah dicapai, karena jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Dari kota Kotabaru ke Desa Seratak cuma berjarak 22 km, yang dapat ditempuh dalam waktu antara 20 sampai 30 menit. Sedangkan untuk menuju kawasan air terjun, harus ditempuh jalan setapak sekitar 2,5 km. Jika kita berjalan kaki dengan santai cukup satu jam sudah sampai ke air terjun. tinggi air terjun tersebut sekitar 4meter.


12. Batu Jodoh


Batu jodoh terletak di pantai aru kecamatan pulau laut selatan, batu ini merupakan tempat yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai tempat terkabul segala ikrar sepasang kekasih. perjanjian atau ikrar dilakukan dengan duduk diatas kedua batu tersebut kemudian sepasang kekasih tersebut saling berikrar dengan begitu mereka meyakini bahwa ikrar mereka tersebut dapat terkabul. keyakinan ini sudah dipercaya masyarakat secara turun temurun sehingga banyak wisatawan yang melakukan ikrar diatas batu tersebut.


13. Pantai Labatan


Mungkin untuk orang kotabaru sedikit asing mendengar nama pantai ini, karna pantai ini masih jarang dijamah sama wisatawan. Tempat ini sangat eksotis menurut saya, karna  Pantai labatan ini memiliki pasir putih dan bersih. Pantai ini terletak di desa lontar, kecamatan pulau laut barat�
Dari kotabaru untuk menuju kesini sekitar 120km. tersedia angkutan desa dari terminal kotabaru menuju lontar. Jika kalian ingin menginap di lontar, jangan khawatir karna disini banyak tersedia penginapan.


14. Pulau Kerayaan


Untuk menuju kesini, kalian bisa sewa kapal dari tanjung lalak dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Pulau Kerayaan terdiri dari Kerayaan besar dan kerayaan kecil. Kerayaan besar merupakan sebuah desa dengan kecamatan pulau laut kepulauan dan berpenduduk sekitar 1600 jiwa. Sedangkan kerayaan kecil merupakan pulau kosong yang memiliki pasir putih bersih dan terumbu karang yang cantik.


15. Air Terjun Tumpang Dua


Air Terjun Tumpang Dua yang berlokasi di desa Sebelimbingan Kecamatan Pulau Laut Utara. Air terjun Tumpang Dua Merupakan kawasan objek wisata yang sangat menarik, indah dan sejuk dengan fasilitas kolam renang alami yang sangat nyaman, santai buat keluarga dengan suasana alam pegunungan yang jarang terdapat di daerah lain.


16. Pulau Sembilan


Seperti nama nya, Pulau Sembilan, yap pulau ini terdiri dari 9 pulau yaitu Pulau Marabatuan, Denawan, Payung-payungan, Maradapan, Matasirih, Pamalikan, Labuan Barat, Kelambau, dan Pulau sarang.untuk melihat artikel pulau sembilan, bisa klik disini.


17. Pantai Teluk Gosong


Berbeda jauh dari namanya, pantai ini justru memiliki pasir yang putih. Suasana hening di pantai ini ditambah pemandangan laut yang menentramkan, diiringi bunyi debur ombak serta angin semilir yang membelai, benar-benar akan membuat beban pikiranmu seperti menguap dari kepala. Letak pantai ini tidak terlalu jauh dari Pantai Gedambaan, tepatnya di Jalan Raya Berangas kilometer 18.


18. Pantai Tanjung Ketapang


Pantai ini berjarak sekitar 10 Km dari ibukota kabupaten, Kotabaru. Dengan dominasi batuan karang serta airnya yang jernih, pantai ini memiliki "cita rasanya" tersendiri. Nikmatilah ketenangan di pantai ini sembari menikmati panorama laut biru yang mendamaikan.


19. Pantai Gedambaan (Sarang Tiung)


Tidak jauh dari pusat kota Kotabaru, terpadat pantai jelita bernama Gedambaan, atau yang dulu biasa disebut Pantai Sarang Tiung karena letaknya di Desa Sarang Tiung. Menikmati matahari terbit begitu pas di pantai ini karena letaknya yang timur. Sementara di belakangnya, sebuah bukit menambah keindahan panorama pantai ini. Di pantai ini juga telah tersedia beberapa penginapan yang dapat kamu sewa.


20. Pulau Sambar Gelap


Objek wisata yang cukup terkenal di Kotabaru selanjutnya yaitu Pulau Sambar Gelap. Pulau Sambar Gelap merupakan pulau kecil yang terdapat di sisi tenggara Pulau Laut. Luas pulau Sambar Gelap hanya kurang dari 5 ha. Diperlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan laut dari Batulicin ibukota kabupaten Tanah Bumbu atau 3 jam dari Kotabaru untuk menuju ke pulau Sambar Gelap ini.

Pulau Sambar Gelap terkenal karena keindahan panorama lautnya yang masih jarang tersentuh oleh manusia. Air laut di pulau Sambar Gelap pun terlihat bersih sehingga ikan-ikan yang ada di pulau Sambar Gelap seolah memanggil para wisatawan untuk berenang menelusuri cantiknya pemandangan yang ada di bawahnya.

Pulau Sambar Gelap juga memiliki pasir yang putih bersih lembut, serta gelombang yang tidak terlalu besar namun memancarkan hembusan angin yang lembut.

Bagi anda yang gemar melihat penyu, pulau Sambar Gelap adalah pilihan yang tepat karena pulau Sambar Gelap juga merupakan tempat konservasi penyu yang dilindungi. Bagi anda yang ingin menginap di pulau Sambar Gelap agak sedikit kesulitan, karena di pulau Sambar Gelap tidak disediakan tempat penginapan untuk umum. Namun anda tak perlu khawatir karena beberapa rumah warga siap untuk menampung anda menginap di rumahnya. Atau bagi anda yang hobby berpetualang dapat mendirikan tenda penginapan di sekitar pulau Sambar Gelap tersebut. Satu hal penting yang harus anda taati selama berada di pulau Sambar Gelap ialah jagalah diri dalam bersikap dan jagalah kebersihan pulau Sambar Gelap.


21. Siring Laut


Siring Laut merupakan objek wisata yang populer di Kotabaru dan terletak di pusat kota Kotabaru. Siring Laut adalah sebuah sebuah siring yang dibuat untuk menahan dan memecah ombak laut. Karena letaknya di pinggir laut dan berada di pusat kota maka di sekitar siring tersebut dibuatlah sebuah taman kota untuk warga Kotabaru sehingga taman tersebut kini lebih dikenal dengan sebutan Taman Siring Laut. Siring Laut ini cukup ramai dikunjungi masyarakat Kotabaru dari berbagai usia khususnya pada sore hari dan akhir pekan. Siring Laut ini terletak di persis depan kantor Bupati Kotabaru.

Biasanya pada saat acara-acara besar seperti malam Tahun Baru, malam Idul Fitri, HUT Kab. Kotabaru, dan HUT Kemerdekaan RI, kegiatan tersebut selalu diadakan di Siring Laut.

Awalnya di Siring Laut terdapat tugu ikan todak yang merupakan ikan khas sekaligus maskot Kabupaten Kotabaru. Namun setelah dilakukan renovasi dan penataan ulang Taman Siring Laut pada tahun 2014, tugu ikan tersebut terpaksa di bongkar dan digantikan dengan tulisan SIRING LAUT KOTABARU yang terdapat di pinggir siring tersebut.


22. Pulau Manti


Objek wisata lainnya yang ada di Kotabaru adalah Pulau Manti. Pulau Manti merupakan pulau kecil yang terletak persis di tengah-tengah antara Pulau Laut dan Pulau Sebuku di seberang Pulau Laut. Pulau Manti tidak berpenghuni, dan pulau ini merupakan tempat konservasi penyu.

Diperlukan angkutan laut misalnya speed-boat untuk menuju ke pulau Manti ini. Waktu yang ditempuh saat menggunakan transportasi speed boat tersebut adalah 15 menit.

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk bepergian ke pulau Manti karena disaat itu gelombang laut dan angin di sekitar pulau tersebut tidak terlalu kencang dan cenderung tenang.

Jika anda berencana untuk berwisata ke Pulau Manti sebaiknya anda berangkat melalui pantai Gedambaan Sarang Tiung.


Untuk Lebih Lengkapnya Lagi, Berikut ini Kami Bagikan Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selantan + Lengkap Dengan Lokasinya


Kecamatan Hampang
1.    Air Terjun Tampurawan (Kampung Libaru Baras, Desa Limbur, Kec. Hampang)
2.    Goa Lalapin (Desa Lalapin, Kec. Hampang)
3.    Goa Liang Kadap (Desa Cantung Kiri Hulu, Kec. Hampang)
4.    Goa Tangkinang (Desa Cantung Kiri Hulu, Kec. Hampang)
5.    Gunung Alurin (Desa Cantung Kiri Hulu, Kec. Hampang)
6.    Gunung Batu Besar (Desa Cantung Kiri Hulu, Kec. Hampang)
7.    Gunung Batu Sundjung (Desa Limbur, Kec. Hampang)
8.    Gunung Malonggo (Desa Limbur, Kec. Hampang)

Kecamatan Kelumpang Barat
1.    Goa Hasan Basri (Desa Bungkukan, Kec. Kelumpang Barat)

Kecamatan Kelumpang Hilir
1.    Goa Batu Tunggal (Desa Tegal Rejo, Kec. Kelumpang Hilir)
2.    Goa Tingkat Tujuh (Desa Tegal Rejo, Kec. Kelumpang Hilir)

Kecamatan Kelumpang Hulu
1.    Air Terjun Kelumpang Hulu (Desa Bangkalan Dayak, Kec. Kelumpang Hulu)
2.    Batu Ganting (Desa Karang Lewar, Kec. Kelumpang Hulu)
3.    Deretan Gunung Batu Kapur (Kec. Kelumpang Hulu)
4.    Goa Batu Batulis (Desa Karang Payau, Kec. Kelumpang Hulu)
5.    Goa Temuluang (Desa Bangkalan Dayak, Kec. Kelumpang Hulu)
6.    Makam Besar (Desa Banua Lawas, Kec. Kelumpang Hulu)
7.    Makam Pangeran Agung / Pangeran Aji Pati (Desa Bangkalan Melayu, Kec. Kelumpang Hulu)
8.    Makam Ratu Intan 2 / Ratu Aji Tukul (Desa Bangkalan Melayu, Kec. Kelumpang Hulu)

Kecamatan Kelumpang Selatan
1.    Pulau Tanjung Dewa (Desa Tanjung Pangga, Kec. Kelumpang Selatan)

Kecamatan Pamukan Barat
1.    Gunung Bibitan Bainah (Desa Batuah, Kec. Pamukan Barat)

Kecamatan Pamukan Selatan
1.    Makam Raja Aji Jawa (Kawasan Gunung Jawa, Desa Sakadoyan, Kec. Pamukan Selatan)

Kecamatan Pamukan Utara
1.    Makam Aji Semarang / Pangeran Muda Arifbillah  (Desa Bakau, Kec. Pamukan Utara)
2.    Makam Gusti Ali Akbar (Desa Bakau, Kec. Pamukan Utara)
3.    Makam Ratu Intan 1 (Desa Bakau, Kec. Pamukan Utara)
4.    Meriam Kerajaan Cantung (Desa Bakau, Kec. Pamukan Utara)

Kecamatan Pulau Laut Barat
1.    Batu Ladung (Desa Lontar, Kec. Pulau Laut Barat)
2.    Pantai Labatan (Desa Lontar, Kec. Pulau Laut Barat)
3.    Tugu Pancanangan (Jl. Jenderal Sudirman, Desa Sengayam, Kec. Pamukan Barat)

Kecamatan Pulau Laut Kepulauan
1.    Gunung Sebakau (Desa Teluk Kemuning, Kec. Pulau Laut Kepulauan)
2.    Pantai Laso Watu / Batu Laso (Desa Pulau Kerayaan, Kec. Pulau Laut Kepulauan)
3.    Pantai Teluk Aru / Batu Jodoh (Desa Teluk Aru, Kec. Pulau Laut Kepulauan)
4.    Pantai Teluk Kemuning (Desa Teluk Kemuning, Kec. Pulau Laut Kepulauan)
5.    Pulau Birah-Birahan (Desa Pulau Kerayaan, Kec. Pulau Laut Kepulauan)
6.    Pulau Cinta (Desa Tanjung Lalak, Kec. Pulau Laut Kepulauan)
7.    Pulau Kerasian / Batu Ampar (Desa Pulau Kerasian, Kec. Pulau Laut Kepulauan)
8.    Pulau Kerayaan (Desa Pulau Kerayaan, Kec. Pulau Laut Kepulauan)
9.    Sentral Kerajinan Anyaman Pandan (Desa Pulau Kerayaan, Kec. Pulau Laut Kepulauan)

Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar
1.    Pantai Mekar Putih (Desa Gosong Panjang, Kec. Pulau Laut Barat)
2.    Pantai Tanjung Kunyit (Desa Tanjung Kunyit, Kec. Pulau Laut Tanjung Selayar)
3.    Pantai Tanjung Sungkai (Desa Tanjung Sungkai, Kec. Pulau Laut Tanjung Selayar)
4.    Pantai Teluk Jagung (Desa Gosong Panjang, Kec. Pulau Laut Tanjung Selayar)
5.    Pantai Teluk Tamiang (Desa Teluk Tamiang, Kec. Pulau Laut Tanjung Selayar)

Kecamatan Pulau Laut Tengah
1.    Air Terjun Sembuluan (Kampung Sembuluan, Desa Sungai Pasir, Kec. Pulau Laut Tengah)
2.    Bukit Palopalo (Kampung Maniang, Desa Salino, Kec. Pulau Laut Tengah)
3.    Gunung Jambangan (Desa Sungai Pasir, Kec. Pulau Laut Tengah)
4.    Gunung Semiaran (Desa Sungai Pasir, Kec. Pulau Laut Tengah)
5.    Jembatan Pulau Laut (Jl. Raya Tanjung Serdang, Desa Salino, Kec. Pulau Laut Tengah)

Kecamatan Pulau Laut Timur
1.    Air Terjun Seratak (Kampung Seratak, Desa Sejakah, Kec. Pulau Laut Timur)
2.    Gunung Aru (Desa Sejakah, Kec. Pulau Laut Timur)
3.    Gunung Kambat (Desa Sejakah, Kec. Pulau Laut Timur)
4.    Gunung Samlawai (Desa Batu Tunau, Kec. Pulau Laut Timur)
5.    Gunung Sebatung (Desa Teluk Mesjid, Kec Pulau Laut Timur)
6.    Gunung Sumbawa (Desa Batu Tunau, Kec. Pulau Laut Timur)
7.    Pantai Teluk Gosong (Desa Teluk Gosong, Kec. Pulau Laut Timur)

Kecamatan Pulau Laut Utara
1.    Air Terjun Pantai Gedambaan (Desa Gedambaan, Kec. Pulau Laut Utara)
2.    Air Terjun Gunung Ulin (Desa Gunung Ulin, Kec. Pulau Laut Utara)
3.    Air Terjun Tumpang Dua (Desa Sebelimbingan, Kec. Pulau Laut Utara)
4.    Batu Lumbung (Desa Sebelimbingan, Kec. Pulau Laut Utara)
5.    Bendungan Gunung Bahalang (Desa Gunung Sari, Kec. Pulau Laut Utara)
6.    Bendungan Gunung Ulin (Desa Gunung Ulin, Kec. Pulau Laut Utara)
7.    Bukit Mamake (Kampung Campa Jawa, Desa Sigam, Kec. Pulau Laut Utara)
8.    Dam Belanda (Desa Megasari, Kec. Pulau Laut Utara)
9.    Gunung Lampu (Kelurahan Kotabaru Hilir, Kec. Palau Laut Utara)
10.    Gunung Pemandangan (Desa Hilir Muara, Kec. Pulau Laut Utara)
11.    Gunung Rally / Gunung Relly (Desa Gunung Ulin, Kec. Pulau Laut Utara)
12.    Kolam Renang Sarang Tiung (Desa Gedambaan, Kec. Pulau Laut Utara)
13.    Komplek Makam Raja Sigam (Jl. Berangas, Desa Sigam, Kec. Pulau Laut Utara)
14.    Menara Suar Gunung Balingkar (Kelurahan Kotabaru Hilir, Kec. Palau Laut Utara)
15.    Mesjid Agung Baitul Abrar (Jl. Suryagandamana, Kelurahan Kotabaru Tengah, Kec. Pulau Laut Utara)
16.    Mesjid Raya Khusnul Khotimah  (Jl. H. Agus Salim No. 1, Kelurahan Kotabaru Tengah, Kec. Pulau Laut Utara)
17.    Pantai Gedambaan (Desa Gedambaan, Kec. Pulau Laut Utara)
18.    Pantai Sarangtiung (Desa Sarangtiung, Kec. Pulau Laut Utara)
19.    Pantai Tanjung Ketapang (Desa Sarang Tiung, Kec. Pulau Laut Utara)
20.    Sentral Kerajinan Kerang Laut ((Desa Sarang Tiung, Kec. Pulau Laut Utara)
21.    Sirkuit Kemuning (Desa Sigam, Kec. Pulau Laut Utara)
22.    Siring Laut Kotabaru (Jl. Hasanuddin,  Kelurahan Kotabaru Hilir, Kec. Palau Laut Utara)
23.    Sumber Air Panas Sumur Manggurak (Desa Sigam, Kec. Pulau Laut Utara)
24.    Taman Makam Pahlawan Wadah Batuah (Jl. Berangas, Desa Batuah Kec. Pulau Laut Utara)
25.    Taman Saijaan / Rth Suryagandamana (Jl. Suryagandamana, Kelurahan Kotabaru Tengah, Kec. Pulau Laut Utara)
26.    Tanjung Pemancingan (Kampung Tanjung Pamancingan, Desa Sigam, Kec. Pulau Laut Utara)
27.    Tugu Ikan Tuna (Jl. Hasanuddin, Kelurahan Kotabaru Hilir, Kec. Pulau Laut Utara)
28.    Tugu Nelayan / Tugu Tani (Jl. Singabana, Kelurahan Kotabaru Tengah, Kec. Pulau Laut Utara)

Kecamatan Pulau Sebuku
1.    Gunung Sau (Desa Mandin, Kec. Pulau Sebuku)
2.    Gunung Saung (Desa Karibuan, Kec. Pulau Sebuku)
3.    Pulau Manti (Desa Rampa, Kec. Pulau Sebuku)
4.    Pulau Samber Gelap / Pulau Telur Penyu (Desa Sungai Bali, Kec. Pulau Sebuku)
5.    Sentral Kerajinan Kulit Sapi (Desa Sungai Bali, Kec. Pulau Sebuku)
6.    Sentral Kerajinan Logam (Kec. Pulau Sebuku)

Kecamatan Pulau Sembilan
1.    Pulau Denawan (Desa Tengah, Kec. Pulau Sembilan)
2.    Pulau Marabatuan (Desa Tengah, Kec. Pulau Sembilan)
3.    Pulau Pamalikan (Desa Teluk Sungai, Kec. Pulau Sembilan)
4.    Pulau Payung-Payungan (Desa Tengah, Kec. Pulau Sembilan)

Kecamatan Sungai Durian
1.    Makam Pangeran Mangku Prabu Jaya (Desa Manunggul Lama, Kec. Sungai Durian)

Nah itu lah Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan. Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini. Jangan lupa share artikel ini dan ikuti terus informasi seputar wisata di indonesia terbaru hanya di wisatasia

Baca Juga :  5 Tempat Wisata Pantai Yang Wajib Dikunjungi di Ketapang Provinsi Kalimantan Barat

1 comment: